Pengertian dan Contoh Kalimat Tanya Klarifikasi dan Konfirmasi

Pengertian dan Contoh Kalimat Tanya Klarifikasi dan KonfirmasiContohCara.com, Sebenarnya Kalimat tanya klarifikasi dan konfirmasi sangat sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, Meskipun kita sudah mengetahui jawabannya terkadang kita perlu menanyakan dan mempertegas kembali dari kalimat tanya Kalimat Tanya Klarifikasi dan Konfirmasi tersebut z35W7z4v9z8w.

Kalimat Tanya Klarifikasi dan KonfirmasiKalimat Tanya Klarifikasi dan Konfirmasi

Kalimat Tanya merupakan kalimat yang dipergunakan dengan tujuan memperoleh reaksi berupa jawaban dari yang ditanya, cara pengucapan dengan intonasi menaik pada suku kata akhir, dan dapat disimbolkan dengan tanda Tanya (?) dalam tulisan. Kalimat Tanya merupakan kalimat yang mengandung makna sebuah pertanyaan. Sebab, Arti dari kalimat tanya sendiri adalah kalimat yang berisi pertanyaan kepada pihak lain untuk memperoleh jawaban dari pihak yang ditanya.

Pengertian Kalimat Tanya Klarifikasi dan Konfirmasi

Yang dimaksud dengan kalimat tanya Klarifikasi (penegasan) dan kalimat tanya Konfirmasi (penjernihan). Kalimat Tanya Klarifikasi adalah kalimat tanya yang disampaikan kepada orang lain untuk tujuan mengukuhkan dan memperjelas persoalan yang sebelumnya telah diketahui oleh penanya. Sedangkan,

Kalimat Tanya Konfirmasi adalah kalimat yang tidak meminta penjelasan, tapi hanya membutuhkan jawaban pembenaran. Kalimat tanya klarifikasi dan konfirmasi biasanya membutuhkan jawaban dalam bentuk ucapan benar atau tidak benar dan ya atau tidak.

Contoh kalimat tanya klarifikasi:

  1. Benarkah Saudara yang menjadi pemenang lomba?
  2. Apa benar buku ini milik Anda?
  3. Benarkah akan terjadi banjir di Jakarta, pak?
  4. Jadi benar berita yang mengabarkan anda direktur sukses dalam perusahaan ini?
  5. Jadi benar Anda mahasiswa IKIP PGRI Semarang?
  6. Apa benar barang-barang ini milik Anda?

Contoh kalimat tanya konfirmasi:

  1. Apakah Saudara mempunyai anak perempuan?
  2. Apa Bapak sudah siap saya wawancarai?
  3. Apakah ini kunci kamar saudara?
  4. Apakah ini buku anda?
  5. Apa hari ini anda ada kegiatan?
  6. Apakah Saudara dalang dari sandiwara ini?

Dari Pengertian dan Contoh Kalimat Tanya Klarifikasi dan Konfirmasi diatas, Saya harap kalian sudah mengerti dan bisa membedakan mana yang dinamakan kalimat tanya konfirmasi dan mana yang kalimat tanya klarifikasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian, Terima Kasih.

Tags: #kalimat #klarifikasi #konfirmasi #Pengertian #tanya