Syarat dan Cara Membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

Bagaimana Cara membuat SKCK? dan apa saja Syarat membuat SKCK? SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang dahulu dikenal dengan nama Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) merupakan surat yang diterbitkan oleh Kepolisian Republik Indonesia melalui Polres setempat yang berisikan tentang catatan seseorang yang ada dalam data kepolisian.

Surat SKCK merupakan hal wajib yang harus dimiliki bagi seseorang untuk berbagai macam urusan maupun sebagai persyaratan untuk berbagai kebutuhan seperti ingin mendaftar CPNS, melamar pekerjaan, melanjutkan sekolah, pindah penduduk, pembuatan pasport, serta ijin usaha SKCK sangat diperlukan. Perlu kalian ingat, SKCK hanya berlaku selama 6 bulan sejak diterbitkan dan bisa kalian perpanjang jika diperlukan.

Syarat dan Cara Membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

Syarat dan Cara Membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

Cara Membuat SKCK sekarang ini sangat mudah, kalian tinggal datang dan tunggu beberapa saat maka akan langsung jadi hari itu juga loh. Lalu apa saja syarat membuat SKCK yang harus kita bawa? berikut ini Syarat  membuat SKCK dan Cara Membuat SKCK hingga selesai yang Contoh dan Cara rangkum dari website polri:

Dalam proses membuat Skck sendiri sebenarnya ada syarat pokok yang harus kalian bawa Seperti :

  1. Pengantar dari Desa / Kelurahan sesuai dengan domisili.
  2. Pas foto terbaru ukuran 4×6 dengan background warna merah sebanyak 6 lembar. Untuk berjaga-jaga sebaiknya disiapkan pas foto lebih dari 10 lembar.
  3. Fotocopy kartu identitas seperti KTP atau SIM.
  4. Fotocopy KK (Kartu Keluarga)
  5. Mengisi Formulir Daftar Riwayat Hidup yang telah disediakan di kantor Polisi dengan jelas dan benar.

Selanjutnya datang ke Polsek atau Polres pada hari kerja seperti Senin s/d Jum’at jam 08.30 s/d 15.00. Setelah itu, silahkan langsung menuju loket bagian SKCK untuk mendaftarkan / memasukkan berkas yang telah disiapkan. Selanjutnya kalian akan diminta untuk mengisi Formulir Daftar Riwayat Hidup, isikan dengan jelas dan benar.

Penting juga untuk diketahui tentang sidik jari. Kalau ada mengurus di Polres biasanya prosesnya bisa lebih cepat untuk mendapatkan sidik jari sebagai salah satu syarat dalam penerbitan SKCK. Ada pengalaman juga ketika mengurus penerbitan SKCK di Polsek, pihak Polsek akan memberikan surat rekomendasi untuk pembuatan rumus sidik jari di Polres. Pihak Polsek akan meminta kelengkapan syarat-syarat seperti yang telah dijelaskan di atas sebagai kelengkapan rekomendasi.

Maka dari itu, agar memudahkan dan tidak bolak-balik ke tukang fotocopy atau tukang foto, lebih baik persiapkan persyaratan-persyaratan yang telah dijelaskan dalam jumlah banyak. Untuk biaya pengambilan cap sidik jari ini, biasanya ada biaya administrasi sebesar Rp5.000 (tergantung kebijakan masing-masing Polres setempat).

Setelah proses sidik jari selesai, saatnya untuk mengumpulkan berkas-berkas yang telah Anda siapkan dan membayar uang penerbitan SKCK di loket sebesar Rp10.000. Tunggu antrian dan SKCK akan segera selesai.

Gimana? sangat mudah bukan Syarat dan Cara Membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian). Semoga bermanfaat. Terima kasih 🙂 .

Tags: #cara #cara buat SKCK #membuat #membuat SKCK